Sunday, April 1, 2012

Negara Paling Kreatif dan Inovatif di Dunia

Yaaaa, it’s time to start writing again. Kreatif dan Inovatif memang tidak lepas dari kita manusia sebagai objek yang melakukannya. Kitalah manusia yang bisa disebut sebagai makhluk dengan segudang ide-ide kreatif serta penemuan-penemuan yang inovatif.
Nah, sekarang kita akan melihat dari seluruh negara di dunia ini sebenarnya negara mana sih yang paling kreatif dan inovatif. predikat ini tetu saja tergantung pada Sumber Daya Manusia yang ada di dalam negara itu sendiri. Pada penasaran kan??? yuk kita cekidot…

Predikat negara paling kreatif dan inovatif di dunia menurut gw jatuh ke tangan negara Jepang. Mengapa demikian? Karena menurut gw jepang mampu melakukan terobosan-terobosan baru hampir di segala bidang kehidupannya.
Sebagai sebuah negara dengan luas wilayah yang relatif kecil, disertai kondisi alam yang buruk dimana sering terjadi gempa bumi mengharuskan Jepang untuk berpikir jauh ke  depan dan kreatif untuk mengatasi semua masalah kehidupannya. Selain itu, sebagai negara yang kalah saat Perang Dunia ke 2 Jepang mampu berkembang begitu pesat dalam hal teknologi, serta industri sehingga mampu menjadi salah satu Negara Pusat Industri di Dunia.
Dalam bidang teknologi, kita tidak perlu meragukan Jepang. Sistem teknologi di negara ini sudah sangat maju bahkan mampu bersaing dengan negara-negara seperti Eropa. salah satu bukti kemajuan teknologi Jepang adalah ROBOT. Ya, Jepang telah mampu membuat robot yang hampir menyerupai manusia yang dinamakan ASIMO.






ASIMO
Untuk bidang transportasi, Jepang juga telah banyak melakukan inovasi-inovasi yang semuanya tentu saja diawali ide kreatif untuk memecahkan suatu masalah. Kemacetan yang merupakan masalah krusial di negara ini menuntut penemuan-penemuan yang sangat inovatif. Contohnya adalah Kereta Api Super Cepat “Shinkansen”yang mampu membaw penumpang antar kota yang sangat jauh yang biasanya mungkin membutuhkan waktu 1 jam menjadi hanya 30-20 menit. Ada juga konstruksi unik jalan tol yang dibangun menembus gedung guna mengatasi masalah kemacetan. Luas wilayah yang kecil menuntut mereka untuk berpikir kreatif menciptakan konstruksi hemat wilayah yang akhirnya mnghasilkan jalan tol ini.

 Shinkansen

Jalan Tol Tembus Gedung 1

Jalan Tol Tembus Gedung 2

Bangunan-bangunan di Jepang juga dibangun sedemikian rupa untuk menarik para wisatawan berkunjung. Contohnya Tokyo Sofitel yang menggunakan ide 5 trapesium ditumpuk menjadi satu guna menarik orang-orang untuk menginap di hotel ini.
Tokyo Sofitel

Semua hal kreatif dan inovatif di Jepang merupakan suatu bukti bahwa negara ini mampu membangun lingkungan yang memaksa dan mendorong orang untuk terus berpikir kreatif dan inovatif. Bisnis juga tidak luput dari kreativitas dan inovasi orang-orang Jepang. Mereka terus berlomba menciptakan produk-produk yang unik dan berbeda. Kita tunggu saja Indonesia untuk mampu bersaing dengan Jepang.
Nih contoh-contok produk kreativ dan inovatif asal jepang….
Teh Celup berbentuk Hangar Baju

Sabun sushi

Teh Celup Inovatif