Friday, May 25, 2012

Tips Hindari BBM Pending

Di artikel ini saya mencoba membagi tips bagi pemakai BlackBerry yang sering mengalami error dan lemot.
Tetapi saya tidak bisa memastikan dengan benar jika ternyata tips ini cocok ketika berhadapan dengan BBM pending, karena masalah pending BlackBerry adalah masalah di pihak provider dan RIM,

bukan masalah internal handset BB. Perkara lemot dan error serta pending adalah momok bagi pemakai BlackBerry yang ingin menggunakan perangkatnya untuk berbisnis ria di dunia chatting exclusive ini. Orang bisa saling kirimkan foto, broadcast message, dan main caro serta nantinya ada fitur berbagi musik.
 
Nah, di bawah ini, saya punya tips-tips yang mungkin bisa dipakai oleh anda untuk mencegah agar BBM lemot dan error, tapi tidak pending.

Tetapi begitu, Cara pencegahan ternjadi error seperti exception di group dan kesalahan lainnya adalah:

1. Jangan terlalu sering memakai broadcast message karena walaupun pengiriman hanya berupa teks, tapi ketika dikirimkan beramai-ramai, pasti mempengaruhi server RIM dan koneksi data internet, apalagi yang memakai BB Gemini yang hanya support GPRS/EDGE. Bayangkan jika 1 juta pengguna BlackBerry dalam waktu bersamaan melakukan sending BM. Akhirnya pending di mana-mana.
 
2. Jangan terlalu sering memakai layanan dengarin streaming musik dan nonton vuclip. Walaupun secara logika tidak mempengaruhi server RIM di Kanada, tetapi tetap saja mempengaruhi operator GSM/CDMA Indonesia. Tahu sendirilah gimana tingkat kredibilitas operator di Indonesia. Hanya sedikit yang konsisten dan bisa dipercaya.
 
3. Untuk pemakai Gemini, jangan terlalu mengikuti grup yang ada, terutama yang berisi banyak foto dan membernya ramai dan aktif. Kapasitas RAM, storage memory card dan juga kecepatan hanya minimalis.
 
4. Hindari instalasi terlalu banyak aplikasi yang tidak penting-penting sehingga anda membuat kapasitas dan memory tersita. Lemot dan Error akan menanti anda.
 
5. Jika anda terpaksa bergabung ke dalam sebuah grup, anda bisa setting utk tidak menyimpan foto ke Media Card, pilih Never ketika ada Options untuk menanyakan apakah kita ingin simpan atau tidak.
 
6. Hindari update status di BB yang tidak penting hanya curhat ga jelas dan menyakiti perasaan orang karena ketika update status BBM, orang-orang yang menjadi teman kita akan terimbas koneksinya walaupun sedikit, tapi kalau semua orang melakukannya apa lagi mengganti profile picsnya, pasti berdampak juga terhadap lemot, error dan pendingnya message BlackBerry Messenger.

Saya yakin banyak tips lainnya lagi, tetapi jika anda ingin meminimalisir kelambatan koneksi dan error tersebut, pilih BlackBerry berseri Bold prefix “9″ karena selain 3G, juga specs hardwarenya akan lebih tinggi daripada Curve yang prefix 8, tetapi modal di kocek harus dikuras dulu . Nah, itulah sebagian tips dan cara untuk menghindari terjadi koneksi lambat di BBM, baik itu pending, error maupun tanda contreng tanpa kode “D” dan “R”. Silahkan dicoba, semoga sukses.