Sunday, May 20, 2012

Bersilat Lidah dalam Pacaran

Dalam suatu hubungan, termasuk pacaran, adu mulut adalah hal yang tak terhindarkan. Sudah barang tentu yang namanya beradu, ada dua pilihan: salah atau bener. Siapa yang mau salah? sampai detik ini, setau saya banyak yang tidak mau. Oleh karena itu, untuk membantai lawan adu mulut tersebut banyak hal dapat dilakukan. Hal yang dimaksud adalah berbagai jurus silat lidah. Meskipun sebenarnya hal tersebut tidak diperkenankan, karena mengandung kerancuan logika. Tapi tetap saja, terbuka ruang untuk jurus silat ini, diperkenankan dan sangat ampuh, tentunya selama lawan adu mulut kita tidak menyadari bahwa kita sedang bersilat lidah.
Bukan bermaksud mengingat atau menguak masa lalu, tapi saya dulu, biasa setelah beradu mulut yang cukup panjang, mantan saya selalu berujar begini: “Ih dia ini, selalu begitu!”
Memang apa yang saya lakukan sehingga lawan adu mulut saya, ataupun pacar saya kerapkali keliatan kewalahan? Inilah beberapa jurus silat lidah:
 
1. Hedging
Jika anda yakin bakal telat pada suatu janjian, dan sang pacar sudah sibuk menghubungi, jangan pernah menyebut berapa lama, kira-kira begini:
“Yank, sebentar lagi yah.”
“Kalo urusannya uda selesai, aku bakal segera ke sana kok.”

Dengan ini, sekalipun lama, kita bisa berkilah, “halah, baru sebentar aja kok.” (tidak jelas sebentar itu berapa lama kan?)
Apa dia masih merasa lama? “kan tadi dibilang kalo urusannya uda selesai.”
 
2. Red Herring
Banyak hal yang kadangkala membuat kita tersudut, namun kita bisa keluar dari masalah tersebut dengan cara mengalihkan perhatian.
“Kamu ingat gak pas kita pertama jadian dulu?”
Wah, kalo gak ingat bisa berabe, bisa-bisa doi merengek. Tapi tenang, segera alihkan perhatiannya. Kalo bisa sih dengan menyelipkan pujian, biar bener-bener beralih.
“Kamu ingat gak pas kita pertama jadian dulu?”
“Eh yank, makasi ya kamu uda baik banget sama aku bla bla bla…”

Tuh ntar jadi membahas kebaikan sang pacar deh.
 
3. Tu Quoque
Ini menggagalkan tuduhan dengan menuduh sebaliknya hal yang sama.
“Yank, kamu selingkuh ya?”
“Halah! kamu itu yang selingkuh.”

 
4. Ignoratio Elenchi
Konklusi tidak relevan, dimana cukup ampuh menyangkal suatu tuduhan.
“Gimana aku bisa selingkuh? Aku aja di sekolah selalu main sama teman sebangku?”
Padahal mungkin aja selingkuh sehabis sekolah.
 
5. Circulus in Probando
Mengajak berputar-putar dengan hal yang sama-sama tidak diketahui.
“Yank, aku gak selingkuh. Temanku tau aku jujur kok.”
“Apa temanmu itu bisa dipercaya?”
“Iya, temanku itu jujur.”

Grrrrr doi jadi gak tau kamu selingkuh atau ngga, tuh malah jadi bicarain teman kamu. Padahal doi pun ngga gak tau teman kamu itu jujur atau ngga.
 
6. Plurium interrogationum
Ini bener-bener pertanyaan menjebak, dengan satu pertanyaan kamu mendapat lebih dari satu jawaban.
“Siapa sih cewek yang jalan sama kamu itu?”
Dengan pertanyaan tersebut, jika dia menyebutkan siapa, berarti memang benar pula dia ada jalan sama cewek.
 
7. Apriorisme
Ini demi menolak realita, menolak kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.
“Gak usah dengerin orang lain. Kamu uda tau kan kalo aku gak mungkin selingkuh.”
“Hubungan kita dilandasi rasa saling percaya. Gak usah repot dengerin orang lain.”

 
8. Non- antisipation
Ini untuk menolak, karena itu gak pernah mencuat sebelumnya.
“Kalo emang yang aku buat tadi itu salah, kenapa dulu kamu gak salahin juga?”
“Kalo emang kamu gak suka, kenapa gak bilang dari dulu?”

 
9. Dicto Simpliciter
Memukul rata setiap hal, tanpa peduli adanya perbedaan-perbedaan dalam hal tertentu atau pengecualian.
“Aku gak pernah selingkuhin pacar. Jadi, gak mungkin aja aku selingkuh kamu.”
Kita menggambarkan kalo kita gak pernah selingkuh sebelumnya, biar dianggap gak pernah selingkuh selamanya.
 
10. Enthymeme not accept
Mencari alasan, dan menggunakan alasan itu dengan rinci sehingga lolos dari situasi sulit.
“Aku dengar dari teman kamu, kamu jalan sama cowok lain ya?”
“Kamu bodoh ya? hanya orang bodoh yang percaya dia.

Berarti kalo doi masih ngotot percaya, dia bodoh. Kalo doi gak mau dikatain bodoh, doi bakal milih gak percaya kalo kamu jalan sama cowok lain.
 
11. Argumentum ad Baculum
Seringkali apa yang kita kehendaki tidak tercapai atau diterima, biar hal tersebut tercapai atau diterima gunakan kekuatan yang memaksa.
“Yank, cium pipi aku dong, kalo ngga, aku ngga bakal beliin boneka yang kamu minta.”
Atau yang ekstrimnya:
“Yank, kamu ngertiin aku dong, kalo ngga kita putus aja deh.”
 
12. Argumentum ad Misericordium
Kalo pacar kita tipe orang yang mudah kasihan sama orang, cara ini bakal ngena banget! Jadi kita menggugah rasa kasihannya.
“Maafin aku ya, aku ini lagi sakit.. kamu kok tega banget sih, bisa-bisa aku tambah parah sakitnya.”
“Jangan buat aku tambah pikiran, kamu ini nuduh aku melulu. Aku itu lagi banyak pikiran yank, ada banyak masalah di rumah.”
Uuuuhh cup cup cuppp kaciann.. minta dikasihani nih..
 
13. Argumentum ad Numeram
Kita mencari dukungan dengan berpijak pada jumlah yang banyak, seperti:
“Kamu kok gak percaya aku sih? padahal banyak orang di luaran sana percaya sama aku.”
“Duh, dari semua mantan-mantan aku, cuman kamu aja yang bilang gitu.”
Dengan jumlah yang banyak, kita berharap bisa dianggap benar. Padahal banyak itu belum tentu benar..
 
14. Argumentum ad Nouseam
Sekedar mengulang-ulang biar pendapat kita diterima.
“Kamu jalan sama cewek ya tadi?”
“Ngga ada..”
“Ah masa?”
“Iya, ngga ada..”
“Tapi ada yang liat kamu jalan sama cewek tadi.”
“Ih, ngga ada. Uda dibilangin berapa kali ngga ada ya ngga ada.”

Biar keliatan bener aja ngulang-ngulang gini, padahal belum tentu bener juga..
 
15. Argumentum ad Lazarum
Menampilkan sebagai sosok diri yang tak punya, sehingga seolah benar.
“Aku gak punya apa-apanya, buat apa aku selingkuh.”
“Apalah aku ini dibanding yang lain-lain, kok bisa-bisanya kamu bilang aku selingkuh.”

Seolah-olah orang gak punya apa- apa itu gak bisa selingkuh. Padahal bisa aja kan..
 
16. Argumentum ad Hominem (Abusive)
Menyerang pribadi seseorang biar apa yang dikatakannya tidak dipercaya.
“Kata teman kamu, kamu itu begini ya?”
“Kok kamu percaya dia sih? di kelas aja dia dikatain orang bego.”

Jadi untuk menggagalkan apa yang dikatakan teman kamu itu, kamu katain dia bego. Biar apa yang dikatakannya ngga dipercaya karena dia bego.
 
17. Argumentum ad Hominem (Circumstantial)
Mengarahkan ke seseorang dengan terkait pada keadaan seseorang itu.
“Kata orang itu, kamu itu begini ya?”
“Wajar aja dia bilang gitu, kan dia itu temannya musuh aku.

Karena keadaannya, seseorang itu temannya musuh kamu, jadi apa yang dikatakannya mungkin untuk menjelek-jelekin aja.
 
18. Argumentum ad Lapidem
Ini ampuh kalo uda tersudut-sudut banget, biar apa yang menyudutkan menjadi terabaikan.
“Kamu masih gak percaya sama aku? terserah.”
“Daripada membahas yang gak jelas itu, mending kita tidur.”

Itulah beberapa jurus silat lidah (dan masih banyak lagi) yang mungkin bisa anda manfaatkan untuk kebal dari tuduhan salah, atau mungkin jurus ini sudah anda praktekkan tanpa anda sadari.
Hanya saja, seperti sudah diingatkan di atas, jangan sampai jurus ini disadari sama lawan adu mulut, kalo ketauan, kita sama aja bodohnya dengan kuda nil (karena make kerancuan logika).
Semoga bermanfaat, salam.